Minggu, 10 April 2011

Satu Bulan, MySpace Kehilangan 10 Juta Pengguna

ALIFORNIA - Situs berbagi video MySpace kehilangan 10 juta unique user dalam kurun satu bulan sejak awal tahun ini. Demikian data terbaru yang didapatkan comScore sebagaimana dilansir Telegraph, Jumat (24/3/2011).

Menyusul kabar penjualannya, MySpace kehilangan 10 juta unique user sepanjang Januari dan Februari 2011, atau turun dari 73 juta pengguna menjadi 63 juta dalam kurun empat pekan. Padahal pada saat yang sama tahun lalu, MySpace berhasil meraih 95 juta unique user.

Perusahaan induk MySpace, News Corporation, masih berupaya melepas jejaring sosial itu. Awal tahun ini, chief executive Mike Jones mengatakan jika MySpace akan mem-PHK sekira 500 staf di seluruh dunia serta menutup beberapa kantor internasional mereka.

MySpace harus berjuang keras menyaingi popularitas Facebook yang kini berhasil merengkuh lebih dari 600 juta pengguna di seluruh dunia. Sayang, meski telah melakukan berbagai penghematan tahun lalu, MySpace masih harus memutar otak untuk mengatasi kerugian finansial.

"MySpace kehilangan USD100 juta pada kuartal pertamanya tahun lalu. Untuk bisa kembali ke jalur kompetisi mereka membutuhkan investasi yang kuat. Itu sesuatu yang belum siap dilakukan oleh News Corp karena mereka memiliki prioritas lain yang harus dipenuhi. Alih-alih mereka bahkan harus tetap mengeluarkan uang untuk terus menjalankan bisnisnya selama masih beroperasi," jelas salah seorang pejabat senior perusahaan digital.

November 2010 lalu, Jones mengklaim jika MySpace tidak lagi menempatkan diri mereka sebagai jejaring sosial sekaligus rival langsung untuk Facebook. MySpace berusaha fokus pada konten konser dan musik yang memang menjadi akar situs layanan berbagi video tersebut.
(van)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar